Selasa, 08 Januari 2013

SOAL LOGIKA

1. Ada 3 buah wadah yang diketahui bervolume 8 liter, 5 liter, dan 3 liter. Pada keadaan awal hanya wadah 8 L yang penuh berisi air. Pertanyaannya : Bagaimana caranya memindahkan air dari wadah 8 L sehingga wadah 5 L berisi air sebanyak 4 L dengan saling menuang air pada wadah-wadah tersebut . Ada berapa langkah dalam menuang air tersebut, air tidak boleh dibuang (hanya dipindah ke ember-ember tiga ember tersebut) ?

2. Ada 8 kotak peti, masing-masing diberi nomor 1 sampai 8. Buah jambu, melon, semangka, jeruk, mangga dan durian akan dimasukkan kedalam peti-peti tersebut dengan aturan sebagai berikut :
• Durian harus dimasukkan ke peti nomor 4
• Semangka tidak boleh diletakkan tepat disamping melon
• Jeruk harus diletakkan disamping mangga

Jika melon diletakkan di peti nomor 2, maka urutan buah dari peti 1 sampai 8 (ada kotak kosong) adalah …..

3. Tiga kakak beradik bernama Nia, Nanik dan Nur. Nanik 9 tahun lebih tua dari Nia. Nur 2 tahun lebih tua dari Nanik. Dan bila usia mereka dijumlah akan mendapatkan angka 95. Berapakah usia Nia sekarang ?

4. Perhatikan gambar berikut !
Berdasarkan diagram diatas, buatlah pernyataan yang benar sebanyak 7 pernyataan ?

5. Luas kebun Pak Kurdi sama dengan luas kebun Pak Andi, Luas kebun Pak kurdi lebih sempit daripada Luas kebun Pak Anto, Pak Edo adalah saudara sepupu Pak Anto yang memiliki luas kebun lebih sempit daripada Pak Andi.Cari urutan dari kebun terluas sampai tersempit.!

6. Dian agak kurang tinggi di bandingkan Dani, Sinta sama tingginya dan Dani, Tetapi kalah tinggi di bandingkan Yeni,Sedangkan Yeni Lebih Tinggi daripada Dani akan tetapi tinggi badan Yeni lebih rendah di bandingkan Susi yang lebih tinggi di bandingkan Dian. Urutkan siapa terpendek sampai tertinggi !

7. Ada lima mahasiswa A,B,C,D, dan E yang mengikuti sebuah seminar. A dan B berasal dari fakultas yang sama, dan D dan E juga berasal dari fakultas yang sama. Bila mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan, kemungkinan posisi tempat duduk mereka dalam satu deretan Adalah ...

8. Sandra mengendarai mobil dari kota A ke kota B. Rute perjalanannya adalah sebagai berikut. Ia berangkat dari kota A menuju ke timur sejauh 23 Km, kemudian belok ke utara 25 Km, kemudian belok lagi ke timur sejauh 10 Km, kemudian belok ke utara lagi sejauh 13 Km. Terakhir ia belok ke timur sejauh 12 Km sampai ke kota B. Sebenarnya berapa jarak kota A ke kota B?

9. Empat orang membuat jembatan di atas sungai dan bisa selesai dalam waktu 15 hari. Jika jembatan ingin diselesaikan dalam waktu 6 hari, berapa orang yang diperlukan?

10. Sebuah pabrik merencanakan membuat sepatu dan sandal. Jika jumlah barang tersebut adalah 1.200 pasang dan jumlah sepatu 4 kali lipat jumlah sandal, berapa pasang sepatu yang akan dibuat?


Dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. yg soal nmor 1 tu, air yg berada di 8L hrus hbis kh

    BalasHapus
  2. yg soal nmor 7 tu, yg mahasiswa c fakultasnya kok gak ada keterangannya

    BalasHapus